SANDIWARA JALANAN


Coretan tinta : RANTI SUCI LESTARI
Sabtu, 20 September 2014. Matahari benar-benar berjaya membakar bumi. Ditambah asap kendaraan yang saling beradu memaksa bibit-bibit penyakit menyerang melalui rongga hidung. Di pertigaan, tepatnya di depan sebuah ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dua orang pemuda nampak bosan sambil sesekali melirik ke dalam mesin ATM. Tak sedikit orang yang lewat menjatuhkan pandangan kapada kedua pemuda itu dengan tatapan curiga. Mereka pun menyadari kecurigaan orang-orang itu dan langsung menjauh beberapa meter dari lokasi ATM.
Seorang pemuda yang menggenggam sebuah smartphone keluar dari ATM lalu menoleh kiri kanan seperti mencari sesuatu. Setelah matanya menemukan buruannya dia langsung menuju ke tempat dua orang yang tadi mondar-mandir di depan ATM.
Ucup : Teguh! Kapan janji kamu buat traktir mi ayam itu jadi? Kita-kita ini wes ngeleh tenan iki lho…
Pardi : Iyo Guh…, aku wes ra betah nunggu di pinggir jalan kayak gini. Isin… sampek dikira mau maling.
Teguh : Sabarrrrrr, aku lagi nunggu kiriman honor kerjaku bulan ini. Kalo nggak, kita pake duit masing-masing dulu, nanti…. kalo uangnya udah tak pegang pasti tak ganti. Piye?
Ucup dan Pardi: huuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu………………….,
Ucup : Itu si sama aja beli sendiri!. kalo belum ada duitnya bilang dari tadi. Jadi kita gak perlu ngetem gak jelas depan ATM sambil kelaperan kayak gini tauk…
Pardi : Orang kamu yang janji mau traktir kenapa malah suruh pake duit sendiri. Nyesel aku!
Teguh : Yo maap, orang bosku katanya mau kirim hari ini.
Ucup : Harusnya kamu pastiin dulu sebelum obral janji. Jadikan kita gak berharap lebih. Yoweslah, aku pulang! Mending makan di rumah. Gratis….
Teguh : Lho….? kox pulang?
Pardi : Aku juga’lah, Guh. Assalamu’alaikum…
Teguh : Walaikumsalam, heh! terus makan mi ayamnya gimana? Nanti tak ganti lho duitnya.
Pardi : Makan sendiri aja sana!, lagi KB, kantong bocor.
Teguh : Heh, Ucup! Pardi! Jangan kabur dulu! Lah piye to?
***
Tinnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn…………………………….
Sebuah truk kecil mengerem mendadak ketika tiba-tiba seorang pemuda berhenti di tengah-tengah jalan saat menyebrang. Dada supir truk itu bergemuruh dengan dentuman-dentuman besar yang hampir meledak. Dibukanya kaca mobil dan….
Supir truk : Woi!!!! Cari mati ya?! DASAR!!!!!.
Dengan dada yang masih berdebar karena kaget, supir truk itu menatap tajam sang pemuda lalu bersiap keluar dari mobil. Namun tiba-tiba pemuda itu memegangi kepalanya lalu terhuyung-huyung dan jatuh pingsan.
“woi ada tabrakan. Ada tabrakan. Woi…woi..woi…Ada yang pingsan.” Riuh segerombolan warga yang melihat hampir terdengar berbarengan.
Supir truk yang tadinya berniat turun dari mobil menjadi panik. Dia tak tahu apa yang terjadi pada pemuda itu. tapi instingnya membuat badannya reflek tancap gas. Warga berlari mendekat dan ketika melihat truk yang kabur tiba-tiba, langsung saja mereka mengejarnya dan bahkan ada yang melempar batu ke badan truk.
Pemuda yang bernama Teguh itu lalu dibawa warga kepuskes terdekat. Ada juga yang melaporkan kejadian itu ke polisi dan ketua RT setempat. Tak lama kemudian berita Teguh keponakan Pak Yanto kena tabrak lari itupun geger. Berbagai macam isu dan gosip lalu menjadi bumbu berita.
***
Malam semakin larut dan angin semakin bertahta merajai alam. Para manusia semakin lena dengan dekapan selimut dan kelambu yang memagari jasad mereka. Namun ada sebuah rumah yang masih bertarung dengan angin. Suara-suara yang terdengar seperti cercaan bergerak ramai. Untung saja rumah itu berjarak cukup jauh dengan rumah-rumah tetangga mereka sehingga tak begitu mengganggu. Pak Yanto mencoba mengintrogasi keponakannya setelah menerima laporan kesehatan Teguh dari puskes. Ada keanehan yang terjadi dan Pak Yanto mencoba mencari kebenaran dari keponakannya.
Yanto : Kamu bilang apa, Guh? Pura-pura? Jadi kamu pura-pura kena tabrak? Ya Allah Guh … kelakuanmu itu udah ngerepotin wong akeh ngerti?
Teguh : Iyo, Pakde.
Yanto : Kenapa kamu itu gak mikir? Pake otak kamu!!! jangan bisanya cuman bilang Iyo, iyo, iyo pakde… tapi iyomu itu palsu.
Teguh : Terus Teguh harus gimana Pakde? Waktu itu aku ketakukan Pakde.
Yanto : Sekarang semua warga tahunya kamu ketabrak. Polisi juga lagi nyari-nyari supir truk itu. mau ditaruh dimana muka Pakde kalo semua orang tahu kalo itu cuman sandiwara kamu guh…. ya Allah Gusti…
Pak Yanto mulai mengatur nafas. Diambilnya segelas air putih yang tergeletak di meja lalu duduk. Teguh hanya bisa tertunduk menyesali perbuatannya.
Yanto : Jangan kamu bongkar ke orang lain yo Guh… kamu harus janji sama Pakde. Pakde gak mau nanggung malu gara-gara sandiwaramu itu. janji sama pakde!
Teguh : I…iya pakde. Aku gak akan bocorin rahasia ini pakde. Tapi…., laporan di puskes bilang aku gak kena luka apapun, jadi pasti nanti akan ketahuan Pakde. mending Teguh ngaku sebelum semakin besar.
Yanto : Nurut le… nurut…, pakde cuman pengen kamu nurut kata-kata pakde. Kalo gak boleh yo jangan kamu langgar. Kalo disuruh begini yo manut. Pakde gak mau tauk! Pokok’e kamu jangan sampe ngaku. Ngerti Goh?
Teguh : I… iyya Pakde..
***
Ketika di kampus, seminggu setelah peristiwa tabrakan itu terjadi, Teguh dan Pardi nongkrong di samping parkir sambil ngobrol-ngobrol. Tiba-tiba Ucup datang dengan menenteng kresek putih ukuran sedang.
Ucup : Hei sob…, kalian mau keripik nggak? Ni… aku bawa banyak.
Pardi : Wihhhhhh, kamu abis ngerampok warung siapa, Cup? Banyak bener?
Teguh : Jangan-jangan kamu abis dapet kiriman ya? Wah… siap-siap kenyang kita Par…
Pardi : Yo’i Guh…., eh? tapi mana temen-temennya yang lain? Gorengan, roti, sama minumannya kox gak kamu bawa sekalian?
Ucup : Beli sendiri sana! Orang aku cuman beli kripik doank. Kamu mau bikin kantongku bocor…..?!
Teguh : Yah….., gak jadi kenyang kita Par. Mules mah iya gara-gara kebanyakan makan kripik pedes.
Pardi dan Teguh : Hahahahahahahhahahahahah
Ucup : Tauk gak Par, yang jual kripik ini winda? Kasian dia, bapaknya baru dipecat jadi supir truk. Katanya si, gara-gara nabrak orang gitu, dan sekarang bapaknya jadi buronan polisi.
DEG…., dada Teguh tiba-tiba berdebar. Mendengar kata-kata ucup tentang kecelakaan membuatnya gelisah. Dia takut jika sandiwaranya akan terungkap.
Teguh : Terus kamu tanya-tanya tentang tabrakan itu ke winda?
Ucup : Gak tega aku Guh, aku cuman bilang ikut prihatin aja. Aku takut nantinya dia malah makin sedih gara-gara aku terlalu kepo.
Teguh : Oh,,,,,,
Pardi : Kamu kepo banget, Guh? Jangan-jangan yang nabrak kamu itu bapaknya winda lagi?
Ucup : Gak mungkin…., Bapak winda itu kan merantau di kalimantan. Masak nyupirnya disana nabraknya disini?
Pardi : Bisa aja kan itu? iya gak Guh?
Teguh : Ya… semoga bukan!
Ucup : Huuu….., ngasal aja kamu di..di…
Teguh penasaran dengan peristiwa tabrakan yang dialami ayah winda. Diapun mencari info tentang peristiwa itu diam-diam. Akhirnya diapun yakin bahwa supir truk waktu itu adalah ayah Winda, gadis yang ditaksir Ucup sejak SMA. Teguhpun sebenarnya kenal dengan Winda meski tak akrab, mungkin hanya sekedar tahu nama dan wajahnya. Rasa menyesal tiba-tiba menyeruak masuk dan membuat Teguh galau. Satu sisi dia menyesal dan malu namun di sisi lain dia merasa takut. Apalagi pakdenya mengacam untuk tidak mengakui dosanya.

***
Esok harinya, Teguh berjalan menyusuri jalan setapak di pinggiran Desa Latarwangi. Kakinya sesekali menendang batu kerikil dan membuang pandangannya secara asal. Hatinya berlayar jauh dari jasadnya menapak. Rasa bersalah dan menyesal terus menggangu hati dan fikirannya. Mungkin dia harus minta maaf pada supir truk itu yang juga adalah ayah temannya sendiri. Dia juga merasa begitu bersalah pada Ucup, sohibnya yang begitu iba pada gadis punjaannya yang telah dia buat menderita. Tidak terbersit sedikitpun niat untuk menyusahkan supir truk itu, dia hanya ingin cari aman. Tapi, malah membuat orang lain menderita. Dia tidak bisa membayangkan jika itu terjadi pada dirinya. Entah kenapa Teguh begitu merindukan ayahnya yang berpulang karena kecelakaan lalu lintas. Kesedihan tiba-tiba merajainya.
Teguh lalu mengetik sms buat Ucup dan Pardi, “Sob, nanti siang ketemu di warung Mang Sugeng yo…, tak traktir.” Setelah mengetik kirim, Teguh mengatur nafasnya bersiap mengadili dirinya sendiri. Jika nanti Ucup marah dia sudah siap, resiko yang memang harus dia tanggung meski apapun itu, yang penting hati dan jiwanya terbebas dari rasa bersalah yang terus menyiksa. Pakdenya pasti akan marah besar padanya, tapi biarlah. Inilah waktunya membuat pengakuan.
Ucup : Ada acara apa ni? Kiriman honor kamu udah cair yo? Wah…, boleh nambah dong. hehehehe
Pardi : Guh, kamu nggak kayak biasanya, kenapa mi ayam kamu cuman diaduk-aduk kayak gitu?
Teguh : Par…, Cup…, aku mau ngaku. Aku mau ngaku sama kalian kalau… kalau…
Ucup : Ngaku apaan Guh.., cepetan ngomong! Jangan bikin penasaran!
Pardi : Kalo kamu ada masalah cepetan ngomong, siapa tauk kita bisa bantu.
Teguh : Tentang tabrakan ayahnya winda, aku korban tabrakan itu. Tapi sebenernya bukan salah Ayah Winda. Waktu kalian pergi dari ATM, aku terus maen hp sambil nyebrang. Gak sadar malah udah di tengah jalan dan hampir ketabrak. Supir Truk itu marah-marah, karna takut aku pura-pura pingsan.
Ucup : Kayak cewek banget si kamu, Guh! aku gak nyangka. Gara-gara kamu sekarang Winda dan keluarganya harus menderita. Winda harus banting tulang cari duit dan ayahnya dicari-cari polisi karena ketololan kamu, Guh!
Teguh : Waktu itu aku panik cup…, aku juga gak berniat membuat supir truk itu dipecat dan menjadi buronan polisi. Maaf Cup…, besok aku akan minta maaf pada Winda dan ayahnya.
Ucup : Halahhhhh…., emang kamu bisa mengganti semua kerugian keluarga winda, hah?
Pardi : Tenang Cup, malu diliatin orang…
Teguh : Aku gak tahu Cup…, sekarang yang bisa kulakuin cuman minta maaf.
Ucup : Aku gak mau tahu Guh…, kamu harus minta maaf sama bapak winda dan keluarganya. Satu lagi, kamu juga harus ngomong kesemua orang tentang sandiwara bodohmu itu.
Pardi : Cup! Gak usah pake teriak kayak gitu kenapa? Kita bisa bicarain ini dengan tenang.
Ucup : Halah….., kamu jangan belain si penipu ini Par.
BRAKKKK, Ucup menggebrak meja lalu pergi. Orang-orang yang memperhatikan mereka saling berbisik-bisik. Teguh dan pardi hanya bisa meminta maaf dan meminta mereka untuk tidak khawatir.
Teguh : Pardi, besok kamu temenin aku ya minta maaf kekeluarga winda.
Pardi : Pasti Guh, aku akan mendukung niat baik kamu.
***
Pardi dan Teguh sampai di rumah Winda. Rumah dengan bata merah itu tak begitu besar tapi pekarangannya bersih dan rapi. Jantung Teguh semakin berdebar dan ribuan prasangka menggantung di benaknya. Kekhawatiran jika nanti akan dihukum berat atau dipukuli terbayang-bayang. Namun dia sudah sampai di sini, sudah tak bisa mundur lagi. Pardi menepuk pundak sahabatnya dan memberi semangat. Teguh mulai mengatur nafas dan meyakinkan dirinya untuk tak lari. Dia harus minta maaf. Harus.
Pardi : Assalamu’alaikum…., Winda! Assalamu’alaikum…
Ayah Winda (Supir Truk): Walaikumsalam….,
CENGEK……., suara pintu terbuka. Dada teguh semakin bergemuruh.
Ayah Winda: Lho? Kamukan yang hampir kena tabrak itu kan?
Teguh : E’’’’’e’e’’ee’’’’’’ee’e’… i…i..iya Pak. saya yang berhenti di tengah jalan waktu itu. saya mau… saya mau…., haduh… gimana ngomongnya ya?… saya.. mau….
Pardi : Ngomong Goh…, cepet!!!
Teguh : Udah diem kamu…,
Ayah Winda: Heh… malah udur-uduran to? Ngapain kalian kesini? Minta ganti rugi? Atau mau jeblosin saya ke penjara?
Teguh : Nggak Pak… nggak…, saya mau minta maaf sama Bapak. waktu itu saya panik, jadi biar gak disalahin saya pura-pura pingsan. Saya minta maaf Pak. gara-gara saya Bapak dan keluarga bapak malah jadi korban.
Teguh lalu berlutut dan memegangi kaki supir truk itu dengan gemetar.
Ayah Winda: Eh… Le, jangan kayak gini!
Teguh : Saya bener-bener minta maaf Pak. Saya sudah berdosa. Saya pantas dihukum. Hukum saya pak…. yang penting Bapak mau maafin saya. Saya akan bilang ke warga dan kepolisian yang sebenarnya. Saya benar-benar menyesal….
Ayah Winda: Wes Le,,, tangi! Bapak maafin kamu Le…, usaha kamu buat jujur dan minta maaf sama bapak sudah membuat hati bapak luluh.
Teguh : Bener pak?
Ayah Winda: Iyya le,, bapak maafin kamu. tapi…, jangan kamu ulangi lagi kelakuan kamu yang waktu itu, janji?
Teguh : Saya janji pak…..! terimakasih banyak pak.. terimaksih banyak…. saya benar-benar menyesal dan malu pada Bapak. Trimakasih Pak….
Ayah Winda: Iyo Le…., semoga ini menjadi pelajaran buat kamu karo temen-temenmu.
Teguh : Iya Pak….
Dada Teguh dibanjiri kelegaan yang luar biasa. Supir truk itu telah memaafkan kesalahannya dan tidak mau menuntut. Kini hubungan teguh dan Supir truk itu semakin baik. Namun, Ucup masih kesal padanya dan belum mau bertemu dan Pakdenya benar-benar marah besar padanya. Perjuangan Teguh untuk memperbaiki kesalahannya masih panjang. Dia harus merebut kepercayaan dan penerimaan maaf dari Ucup, pakdenya dan warga di kampungnya yang telah mengetahui sandiwara Teguh tentang tabrakan itu. sebuah sandiwara yang mungkin hanya berdurasi beberapa menit telah membuatnya harus mengahapus setiap inci noda sisa penampilannya itu dari para penonton yang tak berjangka waktu. Semoga Teguh tetap meneguhkan dirinya untuk bersabar.

Tinggalkan komentar